TEMA-4 5A

Hari: Senin
Tanggal: 25 Oktober 2021
Mupel : IPA
Bacalah teks di bawah ini!

Organ Peredaran Darah pada Berbagai Jenis hewan

Selain manusia, hewan juga memiliki sistem peredaran darah. Pada prinsipnya sistem peredaran darah hewan, terutama hewan vertebrata sama seperti manusia, termaksut alat-alat peredaran darahnya seperti jantung dan pembuluh darah. Contoh hewan vertebrata adalah ikan, katak, reptil, dan burung.

Sistem peredaran darah hewan vertebrata termasuk sistem peredaran darah tertutup. Pada sistem peredaran darah tertutup, jantung akan memompa darah secara terus-menerus, sehingga tekanan yang didapatkan tetap stabil. Selain itu pada sistem peredaran darah tertutup, darah akan mengalir mulai dari jantung menuju ke wilayah pembuluh kapiler dan kembali lagi ke organ jantung hewan.

  1. Sistem Peredaran Darah Ikan

Alat peredaran darah ikan terdiri atas jantung dan pembuluh darah. Jantung ikan terdiri dua ruang, yaitu satu serambi dan satu bilik. Pembuluh darah ikan terdiri atas pembuluh nadi, pembuluh balik, dan pembuluh kapiler.

Mekanisme peredaran darah ikan sebagai berikut.
Serambi jantung > Bilik jantung > Insang > Aorta > Seluruh tubuh > Pembuluh balik > Serambi jantung

Darah dari serambi jantung dipompa menuju ke bilik. Selanjutnya, dipompa ke insang melalui pembuluh riadi insang. Di dalam insang, darah mengikat oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida. Darah dari insang berkumpul dalam aorta, kemudian dialirkan ke seluruh tubuh membawa sari-sari makanan dan oksigen menuju ke sel-sel tubuh. Karbon dioksida dan zat-zat sisa lainnya diangkut oleh darah melalui pembuluh balik menuju ke serambi jantung, begitulah seterusnya.

Sistem peredaran darah ikan merupakan sistem peredaran darah tunggal dan tertutup. Peredaran darah tunggal, artinya dalam satu kali beredar ke seluruh tubuh, darah melewati jantung hanya satu kali.

Setelah membaca materi di atas, Tulislah materi tersebut!