TEMA-5 5A

Hari: Sabtu
Tanggal: 20 November 2021
Mupel : IPA
Bacalah teks di bawah ini!

Ekosistem

Dalam sebuah ekosistem terdapat beberapa interaksi antar komponen pembentuknya. Salah satu bentuk interaksi yang akan kita pelajari adalah interaksi antar makhluk hidup (organisme) dalam satu ekosistem. Interaksi tersebut adalah hubungan timbal balik antar dua atau lebih organisme yang berbeda spesies. Interaksi ini dikenal dengan simbiosis. Terdapat tiga macam simbiosis dalam sebuah ekosistem, yaitu:

  1. Simbiosis mutualisme adalah hubungan yang saling menguntungkan kedua belah pihak. Misalnya simbiosis antara kupu-kupu dengan bunga. Kupu-kupu menyukai memakan sari manis atau nektar pada bunga. Sedangkah bunga sebagai organ reproduksi pada tumbuhan terbantu karena serangga cantik ini membantu menyebarkan serbuk sari. Ketika kupu-kupu hinggap di bunga, kakinya akan menyentuh bagian putik dan benang sari pada bunga. Sehingga mengakibatkan serbuk sari menempel pada putik dan terjadi proses penyerbukan pada bunga.
  2. Simbiosis komensalisme adalah hubungan inter-aksi yang menguntungkan satu pihak, namun pihak lainnya tidak dirugikan. Misalnya simbiosis antara ikan remora (Echeneida sp) memiliki dengan Ikan hiu (Carcharhinus longimanus). Dalam laut yang luas ikan remora yang biasanya hidup berkelompok akan selalu ada di dekat ikan hiu. Tujuan menempelnya ikan remora pada ikan hiu ini adalah agar tidak dimangsa oleh ikan yang lebih besar darinya serta agar lebih mudah dalam mendapatkan makanan yang berasal dari sisan makanan dari ikan hiu. Dalam keadaan ini ikan hiu tidak merasa dirugikan ataupun merasa terganggu dengan kehadirannya ikan remora. Kedekatan ikan hiu dengan ikan remora ini sudah biasa dilihat oleh para penyelam laut.
  3. Simbiosis parasitisme adalah hubungan interaksi yang menguntungkan salah satu pihak tapi merugikan pihak lainnya. Contohnya interaksi antara benalu dengan tanaman inangnya. Seperti yang kita ketahui bahwa tanaman benalu ini memang dapat melakukan proses fotosintesis pada tumbuhan karena memiliki klorofil, akan tetapi pada kasus ini tanaman benalu mengambil air serta mineral yang terdapat pada inangnya. Hal tersebut dikarenakan tanaman benalu tidak memiliki akar yang berada di dalam tanah untuk mengambil air serta mineral yang digunakan untuk fotosintesis. Dalam pola interaksi seperti ini tentunya tanaman benalulah yang diuntungkan karena mengambil air dan mineral dari inangnya, sedangkan tanaman inangnya akan dirugikan karena hasil serapan akarnya digunakan oleh tanaman benalu dan tentunya hal ini akan menghambat pertumbuhan dan perkembangan bagi tanaman inangnya.

Setelah membaca materi di atas, jawablah pertanyaan-peranyaan di bawah ini!

  1. Apa yang dimaksud dengan simbiosis?
  2. Sebutkan macam-macam simbiosis dalam suatu ekosistem!
  3. Apa yang dimaksud dengan simbiosis mutualisme? Berikan 3 contohnya!
  4. Apa yang dimaksud dengan simbiosis komensalisme? Berikan 3 contohnya!
  5. Apa yang dimaksud dengan simbiosis parasitisme? Berikan 3 contohnya!